Jakarta, 23 Juli 2024 – Forum on Education and Learning Transformation (FELT) 2024, diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Article 33 Indonesia, telah memasuki hari kedua dengan tema “Mengatasi kesenjangan pendidikan di Indonesia”. Hari ini, 31 penulis terpilih mempresentasikan karya mereka, setelah terpilih dari 215 abstrak yang terkumpul, mencerminkan minat yang tinggi terhadap forum ini.
Peneliti, akademisi, tenaga pendidik, dan pakar pendidikan dari berbagai daerah di Indonesia, serta beberapa dari luar negeri seperti Australia dan Amerika, berbagi perspektif mereka dalam sesi ini. Presentasi hari ini meliputi subtema kritis, seperti:
- Digitalisasi untuk Meminimalkan Kesenjangan Akses dan Mutu Pendidikan: Eksplorasi tentang bagaimana teknologi dapat meminimalkan kesenjangan akses dan mutu pendidikan di seluruh wilayah.
- Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Guru: Diskusi tentang metode dan strategi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pengajar, yang dianggap vital dalam mengurangi disparitas pendidikan.
- Sarana dan Prasarana Pendidikan: Pentingnya fasilitas pendidikan yang merata untuk mendukung pembelajaran efektif di seluruh negeri.
- Penanganan Isu GEDSI (Kesetaraan Gender, Disabilitas, dan Inklusi Sosial): Pembahasan tentang bagaimana kebijakan pendidikan dapat lebih inklusif dan tidak diskriminatif.
- Penerapan Pembelajaran Berpusat pada Murid: Penjajakan pendekatan yang menekankan kebutuhan dan potensi setiap murid untuk hasil pendidikan yang lebih baik.
FELT 2024 berupaya menginspirasi penelitian baru dan relevan dalam bidang pendidikan. Forum ini tidak hanya sebagai ajang pertukaran ide, tetapi juga sebagai platform kolaboratif yang mendukung pengembangan kebijakan pendidikan yang efektif dan inklusif.
Kami mengapresiasi setiap presenter dan penulis atas kontribusi penting mereka dalam menyajikan penelitian yang mendalam. Kerja keras dan dedikasi mereka telah memberikan wawasan berharga yang dapat memandu pembuat kebijakan dalam merancang solusi yang tepat sasaran dan berdampak luas untuk pendidikan di Indonesia. Diharapkan, hasil dari FELT 2024 akan menjadi referensi penting dalam peningkatan kualitas pendidikan nasional dan membuka jalan untuk inisiatif lebih lanjut yang memastikan kesetaraan dan akses pendidikan untuk semua.