
DESKRIPSI LEMBAGA
Artikel Tiga Tiga Indonesia adalah sebuah lembaga penelitian kebijakan untuk isu pembangunan inklusif. Artikel Tiga Tiga Indonesia telah menghasilkan berbagai riset terutama di 4 bidang utama: (a) pendidikan; (b) ekonomi regional; (c) sumber daya alam /perubahan iklim (natural resource dan climate change); (d) GEDSI. Selain riset, Artikel Tiga Tiga Indonesia juga telah melakukan berbagai pendampingan pembangunan kebijakan untuk pemerintah terkait serta membangun jaringan dengan berbagai organisasi masyarakat sipil yang relevan.
Artikel Tiga Tiga yang tengah bergerak di bidang pendidikan saat ini membutuhkan kandidat untuk membantu menjalankan proyek pendidikan yang bekerja sama dengan Pemerintah Pusat. Posisi ini akan diperbantukan untuk berjalannya proyek di Swakelola Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).
LOKASI & CARA KERJA
Posisi ini akan ditempatkan di Jakarta, sehingga mengutamakan kandidat yang berdomisili di Jakarta.
DESKRIPSI TUGAS
- Asisten Spesialis Komunikasi bertanggung jawab terhadap komunikasi bidang Tata Kelola Karir Guru dan Tenaga Kependidikan, meliputi: 1) Pendidikan Profesi Guru (PPG); 2) Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK); 3) Managemen Talenta; 4) Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dan Hari Guru Nasional (HGN); 5) Akselerasi penugasan Guru Penggerak (GP) menjadi Kepala Sekolah/Pengawas Sekolah; 6) Program tata kelola lainnya
- Dengan hasil pekerjaan (output) sebagai berikut.
- Strategi komunikasi kebijakan dan program Tata Kelola GTK;
- Dokumen bahan publikasi
- Booklet
- Bahan paparan
- Artikel untuk media sosial
- Kerangka Acuan Kerja (KAK)
- Naskah (Storyline)
- Flyer
- Materi pendukung lainnya
KUALIFIKASI SPESIFIK
- Minimal S1.
- Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun dalam bidang komunikasi/hubungan masyarakat/ kampanye/publikasi/ branding/kebijakan publik.
- Memiliki pengalaman mengimplementasikan strategi komunikasi dan kampanye.
- Memiliki pengalaman bekerja/ bekerja sama dengan pemerintah lebih disukai.
- Memiliki kemampuan membangun hubungan dengan berbagai pihak.
- Mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien baik secara lisan/tertulis pada level personal ataupun forum besar.
- Mampu bekerja secara kelompok atau mandiri.
- Memiliki kemampuan untuk memperhatikan semua detail kecil saat mengerjakan tugas atau proyek dan mampu menyelesaikan tugas tepat waktu.
- Memiliki inisiatif tinggi dan percaya diri dalam memberikan masukan atas kendala yang dihadapi dalam menyelesaikan pekerjaan.
- Mampu beradaptasi dengan cepat dan menyesuaikan ritme kerja tim yang relatif cepat.
- Memiliki kemampuan dan pengalaman fasilitasi lebih diutamakan.
- Memiliki kemampuan dan pengalaman kepenulisan, baik artikel/konten lebih baik.
KUALIFIKASI UMUM
- Dapat beradaptasi dengan ritme kerja dan perubahan yang cepat;
- Berorientasi pada output yang baik, tepat waktu, detail yang akurat dan inovatif;
- Dapat bekerjasama dalam tim maupun secara mandiri, mampu beradaptasi terhadap lingkungan kerja yang bervariasi, memiliki kualifikasi interpersonal yang baik, mampu bekerja sama dalam tim yang terdiri dari berbagai latar belakang, kepercayaan, etnis dan budaya dan kebangsaan;
- Mampu menangani beberapa program/pekerjaan secara bersamaan;
- Memiliki kemampuan kepemimpinan dan komunikasi yang baik;
- Kefasihan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia secara lisan maupun tulisan;
- Memiliki inisiatif, kreativitas dan keterampilan dalam memecahkan masalah;
- Mampu bekerja di bawah tekanan dan tenggat waktu yang ketat;
- Menjunjung tinggi prinsip-prinsip dan kebijakan Article 33 Indonesia.
PROSEDUR APLIKASI DAN SELEKSI
Article 33 Indonesia merupakan lembaga yang membuka kesempatan yang setara bagi siapapun. Pelamar tidak boleh didiskriminasi karena ras, agama, jenis kelamin, asal negara, etnis, usia, disabilitas, afiliasi politik, orientasi seksual, identitas gender, warna kulit dan/atau status perkawinan.
Pelamar dengan Disabilitas: Article 33 Indonesia mengakomodasi pelamar dengan disabilitas, di mana pelamar dengan disabilitas yang memenuhi syarat dapat berpartisipasi dalam proses aplikasi. Harap beri tahu kami secara tertulis tentang kebutuhan khusus pada saat melamar.
DOKUMEN YANG DILAMPIRKAN
- Surat motivasi
- Curriculum Vitae
Lamaran dikirimkan ke hrd@article33.or.id dan nyaza@article33.or.id dengan subjek “Asisten Spesialis Komunikasi-nama Anda” paling lambat 15 Agustus 2024