KarirDitjen PDM KemendikbudristekSwakelola Tipe III

Article 33 Indonesia is Hiring: Staf Monitoring dan Evaluasi Swakelola (Ditjen PDM)

Foto penulis

3 Menit

2F 1

DESKRIPSI LEMBAGA

Artikel Tiga Tiga Indonesia adalah sebuah lembaga penelitian kebijakan untuk isu pembangunan inklusif. Artikel Tiga Tiga Indonesia telah menghasilkan berbagai riset terutama di 4 bidang utama: (a) pendidikan; (b) ekonomi regional; (c) sumber daya alam /perubahan iklim (natural resource dan climate change); (d) GEDSI. Selain riset, Artikel Tiga Tiga Indonesia juga telah melakukan berbagai pendampingan pembangunan kebijakan untuk pemerintah terkait serta membangun jaringan dengan berbagai organisasi masyarakat sipil yang relevan.

Artikel Tiga Tiga yang tengah bergerak di bidang pendidikan saat ini membutuhkan kandidat untuk membantu menjalankan proyek pendidikan yang bekerja sama dengan Pemerintah Pusat. Posisi ini akan diperbantukan untuk berjalannya proyek di Swakelola Ditjen Pendidikan Dasar & Menengah.

LOKASI & CARA KERJA

Posisi ini akan ditempatkan di Jakarta, sehingga mengutamakan kandidat yang berdomisili di Jakarta.

DESKRIPSI TUGAS

  • Membantu melakukan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan program kegiatan. 
  • Melakukan tindak lanjut terhadap hasil dari kegiatan yang dilakukan tim pelaksana. 
  • Melakukan pelaporan hasil tindak lanjut kegiatan kepada koordinator monitoring dan evaluasi. 
  • Mengikuti seluruh rangkaian pertemuan koordinasi dengan tim pelaksana dan Kemendikbudristek serta membuat notulensi pertemuan.
  • Membantu penyusunan laporan bulanan, laporan khusus untuk tim pemeriksa apabila ada pemeriksaan, dan pada tahap penyelesaian program membantu pembuatan laporan akhir.
  • Mendukung pelaksanaan kegiatan luring, baik pada kegiatan internal maupun kegiatan yang berimplikasi dengan biaya.
  • Membuat rekapan catatan atas semua dokumentasi yang dikumpulkan untuk Tim Pelaksana (Timesheet; Laporan Kegiatan Bulanan Tim Pelaksana; Laporan terkait Ruang Lingkup).
  • Melakukan review kesesuaian format Laporan bulanan Tim Pelaksana (Timesheet; Laporan Kegiatan Bulanan Tim Pelaksana; Luaran Tim Pelaksana).
  • Berkoordinasi dengan Koordinator Monev dan Pimpinan Program dalam menyusun kompilasi Laporan Bulanan Tim Pelaksana (Timesheet; Laporan Kegiatan Bulanan Tim Pelaksana; Luaran Tim Pelaksana).
  • Berkoordinasi dengan Tim Pelaksana terkait catatan perbaikan pada Laporan Bulanan Tim Pelaksana (Timesheet; laporan Kegiatan Bulanan Tim Pelaksana; Luaran Tim Pelaksana).
  • Mengikuti rapat koordinasi berkala termasuk bulanan internal dengan Koordinator Monev dan Pimpinan Program sesuai dengan kebutuhan serta mengikuti meeting koordinasi bulanan antara Tim Manajemen, Tim Pelaksana, PPK, dan Tim Pengawas. 
  • Mengarsipkan semua luaran tim pelaksana dan bekerja sama dengan Staf Administrasi untuk mencetaknya atas permintaan Kemendikbud Ristek.

KUALIFIKASI SPESIFIK

  • Pendidikan minimal D3 di bidang Sistem Informasi Manajemen/TIK/ Ekonomi/ Manajemen/lainnya.
  • Pengalaman bekerja minimal 5 tahun.
  • Punya pengalaman bekerja bersama Kementerian lebih diutamakan.
  • Memiliki kemampuan mengelola data dan pengelolaan proyek.
  • Terbiasa melakukan perjalanan luar kota.
  • Mampu beradaptasi terhadap lingkungan kerja yang bervariasi dan memiliki interpersonal yang baik.
  • Mampu bekerja secara mandiri dan dalam tim yang terdiri dari berbagai latar belakang, kepercayaan, etnis dan budaya dan kebangsaan.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Memiliki inisiatif, kreatifitas dan keterampilan dalam memecahkan masalah.
  • Memiliki komitmen dan disiplin yang tinggi.
  • Mahir menggunakan komputer, Google Drive, dan perangkat kerja berbasis internet lainnya.
  • Mampu berkomunikasi secara tertulis dengan baik, karena pekerjaan akan dilakukan secara hybrid (WFO & WFH).
  • Memiliki perangkat kerja yang mendukung (laptop dan gawai dengan jaringan internet).

KUALIFIKASI UMUM

  • Dapat beradaptasi dengan ritme kerja dan perubahan yang cepat;
  • Berorientasi pada output yang baik, tepat waktu, detail yang akurat dan inovatif;
  • Dapat bekerjasama dalam tim maupun secara mandiri, mampu beradaptasi terhadap lingkungan kerja yang bervariasi, memiliki kualifikasi interpersonal yang baik, mampu bekerja sama dalam tim yang terdiri dari berbagai latar belakang, kepercayaan, etnis dan budaya dan kebangsaan;
  • Mampu menangani beberapa program/pekerjaan secara bersamaan;
  • Memiliki kemampuan kepemimpinan dan komunikasi yang baik;
  • Kefasihan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia secara lisan maupun tulisan;
  • Memiliki inisiatif, kreativitas dan keterampilan dalam memecahkan masalah;
  • Mampu bekerja di bawah tekanan dan tenggat waktu yang ketat;
  • Menjunjung tinggi prinsip-prinsip dan kebijakan Article 33 Indonesia.

PROSEDUR APLIKASI DAN SELEKSI

Article 33 Indonesia merupakan lembaga yang membuka kesempatan yang setara bagi siapapun. Pelamar tidak boleh didiskriminasi karena ras, agama, jenis kelamin, asal negara, etnis, usia, disabilitas, afiliasi politik, orientasi seksual, identitas gender, warna kulit dan/atau status perkawinan.

Pelamar dengan Disabilitas: Article 33 Indonesia mengakomodasi pelamar dengan disabilitas, di mana pelamar dengan disabilitas yang memenuhi syarat dapat berpartisipasi dalam proses aplikasi. Harap beri tahu kami secara tertulis tentang kebutuhan khusus pada saat melamar.

DOKUMEN YANG DILAMPIRKAN

  1. Surat motivasi
  2. Curriculum Vitae

Aplikasi dapat dikirimkan paling lambat 17 Juli 2024 melalui e-mail hrd@article33.or.id.