
Bentuk Publikasi | Catatan Kebijakan |
Judul Publikasi | Kajian Perubahan Kompetensi Calon Guru dalam Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan |
Tujuan Publikasi | Catatan Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan gambaran awal mengenai perubahan kompetensi calon guru sebelum dan sesudah mengikuti Program PPG Prajabatan. Melalui analisis selama delapan bulan, kajian ini mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan dengan menilai efektivitas program dalam membekali calon guru dengan kompetensi inti, serta mengidentifikasi area yang perlu diperkuat agar PPG Prajabatan semakin optimal sebagai strategi penyediaan guru berkualitas di Indonesia. |
Funding | Tanoto Foundation |
Dalam sepuluh tahun ke depan, Indonesia diperkirakan membutuhkan setidaknya 100.000 guru baru untuk menjawab kekosongan di berbagai jenjang pendidikan (Bank Dunia, 2020). Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan menjadi strategi utama untuk menyiapkan calon guru yang tidak hanya cukup secara kuantitas, tetapi juga kompeten secara pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Catatan kebijakan ini disusun oleh Article 33 Indonesia dengan dukungan dari Tanoto Foundation, dan merangkum hasil kajian mengenai perubahan kompetensi peserta PPG Prajabatan selama satu gelombang pelaksanaan. Temuan dalam kajian ini memberikan gambaran awal efektivitas program serta rekomendasi untuk penguatan di masa mendatang.
Publikasi ini dapat diunduh melalui tautan di bawah.
Download Dokumen

Dokumen akan dikirim ke email Anda.