
Bentuk Publikasi | Laporan Penelitian |
Judul Publikasi | Penghitungan Standar Biaya Satuan Investasi Sarana dan Prasarana Sekolah Jenjang SD, SMP dan SMA di Indonesia |
Project | Studi ini mengeksplorasi penghitungan standar biaya satuan investasi sarana dan prasarana sekolah jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia dengan mengidentifikasi kebutuhan anggaran berdasarkan standar pendidikan tertentu, serta memberikan masukan strategis untuk merumuskan skema pembiayaan yang efektif di luar DAK Pendidikan. |
Funding | USAID ProRep |
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menghitung standar biaya satuan investasi sarana dan prasarana sekolah untuk jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Dengan pendekatan ini, penelitian memberikan landasan penting bagi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam menyusun estimasi kebutuhan anggaran secara nasional dan daerah, serta merancang skema pembiayaan yang relevan di luar kerangka DAK Pendidikan.
Laporan ini merupakan bagian dari kajian yang dirancang untuk menjawab pertanyaan utama terkait satuan biaya sarana dan prasarana pendidikan pada tiap jenjang sekolah. Selain itu, kajian ini menyoroti bagaimana hasil penghitungan ini dapat digunakan untuk menyusun anggaran kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam mencapai standar pendidikan yang optimal melalui perencanaan anggaran berbasis data.
Artikel ini termasuk dalam rangkaian studi yang berfokus pada penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang lebih efisien dan berkelanjutan. Untuk informasi lebih lengkap mengenai hasil penelitian dan rekomendasi kebijakan yang diusulkan, dapat diakses melalui tautan di bawah ini.
Download Dokumen

Dokumen akan dikirim ke email Anda.