Laporan PenelitianEducationINSPIRASI & WLF 2023

Laporan Endline Studi Evaluasi Dampak Program BERSAMA di Sumba Barat Daya

Foto penulis

2 Menit

Penelitian ini mengeksplorasi dampak program BERSAMA dalam meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi dasar siswa Sekolah Dasar kelas rendah. Dengan fokus di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan peningkatan kapasitas kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi mengajar guru sebagai langkah strategis dalam mendukung pendidikan dasar. Penelitian ini menjadi landasan penting untuk memahami bagaimana intervensi seperti program BERSAMA dapat menciptakan perubahan positif di tingkat siswa, guru, kepala sekolah, komunitas, dan pemerintah daerah.

Bentuk PublikasiLaporan Penelitian
Judul PublikasiLaporan Endline Studi Evaluasi Dampak Program BERSAMA di Sumba Barat Daya
ProjectStudi Evaluasi Dampak Program BERSAMA
di Kabupaten Sumba Barat Daya

“Pelatihan Kepemimpinan Pembelajaran
(Instructional Leadership) dan Pembangunan
Komunitas Praktisi untuk Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar” 
Funding AgencyWilliam & Lily Foundation dan Inspirasi Foundation

Penelitian ini mengeksplorasi dampak program BERSAMA dalam meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi dasar siswa Sekolah Dasar kelas rendah. Dengan fokus di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan peningkatan kapasitas kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi mengajar guru sebagai langkah strategis dalam mendukung pendidikan dasar. Penelitian ini menjadi landasan penting untuk memahami bagaimana intervensi seperti program BERSAMA dapat menciptakan perubahan positif di tingkat siswa, guru, kepala sekolah, komunitas, dan pemerintah daerah.

Laporan ini merupakan bagian dari studi endline yang dilakukan untuk memetakan dampak program pada berbagai tingkat, sekaligus memahami faktor kunci yang mendorong keberhasilan atau tantangan pelaksanaan program. Kajian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan analisis deskriptif dan ekonometrika berbasis Difference-in-Differences (DID) untuk mengukur dampak program, serta analisis tematik dan naratif untuk mengeksplorasi pengalaman pelaksanaan di lapangan. Pengumpulan data dilakukan di 15 sekolah pada kecamatan intervensi (Kodi Bangedo) dan 23 sekolah di kecamatan pembanding (Kodi).

Laporan ini termasuk dalam rangkaian studi mengenai “Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi Dasar melalui Program BERSAMA di Sumba Barat Daya,” yang menggali lebih dalam mengenai potensi penguatan pendidikan dasar di daerah dengan akses terbatas. Untuk informasi lebih lengkap mengenai hasil penelitian dan rekomendasi kebijakan yang diusulkan, dapat diakses melalui tautan di bawah ini.

Baca Artikel Selengkapnya Tentang Project

Download Dokumen

Article 33 Indonesia

Dokumen akan dikirim ke email Anda.