KarirEducationKREASI 2024

Article 33 Indonesia is Hiring: Finance & Admin Officer – Program KREASI (Kolaborasi untuk Edukasi Anak Indonesia)

Foto penulis

3 Menit

DESKRIPSI LEMBAGA

Yayasan Artikel Tiga Tiga Indonesia adalah sebuah lembaga penelitian kebijakan untuk isu pembangunan inklusif. Artikel Tiga Tiga Indonesia telah menghasilkan berbagai riset terutama di 4 bidang utama: (a) pendidikan; (b) ekonomi regional; (c) sumber daya alam /perubahan iklim (natural resource, climate, and energy); (d) Gender Equity, Disability and Social Inclusion (GEDSI). Selain riset, Artikel Tiga Tiga Indonesia juga telah melakukan berbagai pendampingan pembangunan kebijakan untuk pemerintah terkait serta membangun jaringan dengan berbagai organisasi masyarakat sipil yang relevan.

TENTANG PROGRAM

Program KREASI (Kolaborasi untuk Edukasi Anak Indonesia), yang didanai oleh Global Partnership for Education (GPE) dan Save the Children, bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran dan kompetensi literasi, numerasi, dan karakter anak usia sekolah dasar dan meningkatkan kemampuan fondasi anak usia dini yang mendukung transisi mereka ke tahap berikutnya melalui praktik dan kebijakan di empat area fundamental (outcome), yaitu: kurikulum dan asesmen, pengajaran, kepemimpinan, serta perlindungan anak.  Keempat area ini sejalan dengan empat aspek dari sekolah yang dicita-citakan.  

  1. Kurikulum dan Asesmen.  Area ini sejalan dengan aspek pembelajaran yang berpusat pada murid, di mana mempunyai ruang lingkup terkait penerapan kurikulum nasional yang menerapkan pembelajaran terdiferensiasi, dan melakukan asesmen untuk mendapatkan data sebagai dasar untuk merancang rencana pembelajaran.
  2. Pengajaran. Area ini sejalan dengan aspek pendidik yang reflektif, gemar belajar, berbagi, dan berkolaborasi dimana pengajaran menerapkan pembelajaran terdiferensiasi, metode pedagogik yang adaptif dan menciptakan lingkungan yang aktif serta partisipatif, serta pemanfaatan komunitas belajar.
  3. Kepemimpinan. Area ini sejalan dengan Kepemimpinan untuk perbaikan layanan pendidikan berkelanjutan dimana peningkatan kapasitas kepala sekolah kepemimpinan sekolah dilakukan melalui komunitas belajar kepala sekolah,  dan memastikan mereka dapat melakukan supervisi pembelajaran dan merancang kurikulum satuan pendidikan.
  4. Perlindungan anak. Area ini sejalan dengan aspek Iklim sekolah yang aman, inklusif, dan merayakan kebhinekaan dimana perlindungan anak melingkupi pencegahan terhadap perundungan, kekerasan seksual, dan memastikan lingkungan yang inklusif.

LOKASI & PERIODE KERJA

Program KREASI yang dikelola oleh Article 33 Indonesia dilakukan di Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara. Periode kerja adalah 1 (satu) tahun, terhitung sejak calon Finance & Admin Officer terpilih menandatangani kontrak hingga Desember 2025.

RUANG LINGKUP PEKERJAAN

  1. Perencanaan Anggaran Program
    – Mendukung tim dalam menyusun anggaran berbasis kebutuhan program.
    – Memastikan administrasi keuangan sesuai kebijakan program dan organisasi.
    – Mengelola alur keluar-masuk anggaran untuk keperluan operasional.
    – Memastikan ketersediaan dana untuk setiap kegiatan program.
  2. Implementasi Program
    – Menyediakan dukungan administratif dan keuangan selama pelaksanaan program.
    – Mengelola dokumen pendukung seperti kontrak, nota, dan invoice.
  3. Monitoring dan Evaluasi
    – Memantau kelengkapan dokumen administrasi dan keuangan program.
    – Menyusun laporan evaluasi administratif dan keuangan.
  4. Pengelolaan Anggaran
    – Membantu menyusun anggaran program bersama tim keuangan.
    – Memberikan masukan terhadap efisiensi anggaran untuk program.
  5. Pelaporan Anggaran
    – Menyusun laporan keuangan harian, mingguan, dan bulanan.
    – Memastikan semua pelaporan keuangan sesuai kebijakan organisasi.
    – Mendukung penyusunan laporan kegiatan program berdasarkan dokumen administratif.

KUALIFIKASI KHUSUS
Untuk dapat menjalankan tanggungjawabnya sebagai Finance & Admin Officer, maka harus memenuhi syarat dan kualifikasi sebagai berikut:

  1. Minimal D3 di bidang Akuntansi, Keuangan, atau bidang terkait.
  2. Pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang akunting, keuangan, atau administrasi.
  3. Pengalaman bekerja dengan organisasi non-profit/LSM menjadi nilai tambah.
  4. Mahir menggunakan Microsoft Office (terutama Excel) dan sistem akuntansi (misalnya, SAP atau QuickBooks).
  5. Memahami prosedur pengelolaan keuangan, pengarsipan dokumen, dan laporan keuangan.
  6. Mampu menyusun laporan keuangan bulanan dan tahunan, termasuk rekonsiliasi bank dan petty cash.
  7. Memiliki pemahaman dasar terkait kebijakan pajak (PPH, PPN) menjadi nilai tambah.

KUALIFIKASI UMUM

  1. Teliti, jujur, bertanggung jawab, dan mampu bekerja di bawah tekanan.
  2. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tertulis maupun lisan.
  3. Mampu bekerja secara mandiri dengan supervisi dan koordinasi dengan Tim Program dan Manajemen.
  4. Berdomisili di Kabupaten Nias Utara atau bersedia untuk relokasi.
  5. Bersedia melakukan perjalanan dinas jika diperlukan.

PROSEDUR APLIKASI DAN SELEKSI

Article 33 Indonesia merupakan lembaga yang membuka kesempatan yang setara bagi siapapun. Pelamar tidak boleh didiskriminasi karena ras, agama, jenis kelamin, asal negara, etnis, usia, disabilitas, afiliasi politik, orientasi seksual, identitas gender, warna kulit dan/atau status perkawinan.

Pelamar dengan Disabilitas: Article 33 Indonesia mengakomodasi pelamar dengan disabilitas, di mana pelamar dengan disabilitas yang memenuhi syarat dapat berpartisipasi dalam proses aplikasi. Harap beri tahu kami secara tertulis tentang kebutuhan khusus pada saat melamar.

Siapkan terlebih dahulu dokumen berikut ini:

  1. Curriculum Vitae
  2. Surat Lamaran
  3. Ijazah Pendidikan Terakhir

CV dan Surat lamaran perlu disubmit bersamaan dengan pengisian google form pada tautan berikut bit.ly/KREASI_A33 Paling lambat 22 Desember 2024.

Note:
Hanya kandidat terpilih yang sudah melakukan pengisian formulir dan mengirimkan CV serta Surat Lamaran yang akan kami hubungi lebih lanjut.