EventRegional DevelopmentWaroeng33

Ringkasan Kegiatan Mentorship Waroeng33

Foto penulis

3 Menit

Mentorship “Membangkitkan UMKM di Masa Pandemi”

Salah satu kegiatan Waroeng33 di masa pandemi ini adalah memberikan rangkaian kegiatan mentorship kepada para produsen, terutama dalam pengemasan produk. Pelatihan yang diberikan kepada pelaku usaha tidak hanya terkait pengemasan produk, namun juga pelatihan terkait pengoptimalan foto produk, bagaimana cara membuat rencana bisnis, digital marketing, dan pelatihan terkait catatan keuangan usaha.

Bekerjasama dengan Nanas Media, PLUS, dan Mien R Uno Foundation, melalui kegiatan ini, Waroeng33 memberikan ruang bagi pelaku usaha dalam menjalankan usaha untuk memaksimalkan modalitas yang dimiliki dengan peningkatan kapasitas teknis dan juga kesempatan untuk berdiskusi bersama para ahlinya. Ketika mitra telah memiliki kapasitas yang lebih baik dalam menjalankan bisnis maka akan berpengaruh kepada cara mitra dalam menjalankan bisnis tersebut. Harapannya dengan kapasitas meningkat, pendapatan mitra juga meningkat, kesejahteraan mitra juga meningkat.

Pandemi memunculkan berbagai tantangan yang akhirnya menuntut setiap pemilik UMKM lebih adaptif. Digital marketing, sebagai materi yang diajarkan oleh Nanas Media dapat menjadi salah satu modal bagi pengusaha UMKM dalam memasarkan produknya lebih luas lagi disaat pemasaran secara offline tidak memungkinkan untuk dijalankan di masa pandemi. Berbeda dengan materi ‘Blue Ocean Strategy’ yang mana mitra diajarkan untuk dapat membaca situasi dan menetapkan inovasi yang dapat dilakukan dalam mempromosikan produknya. Serta, tak kalah menarik lainnya, mitra juga dilatih untuk memberikan pitching yang baik untuk menarik minat konsumen.
Pelatihan dilakukan selama 3 hari ini telah dihadiri oleh 14 peserta yang sangat antusias untuk belajar bersama. Pesertanya pun berasal dari beragam latar belakang; komunitas masyarakat adat Enrekang, komunitas masyarakat yang tinggal disekitar hutan Bantaeng, kelompok difabel Garut dan pelaku UMKM lainnya.

 

TemaOutputOutcomeNaraSumber
Blue Ocean strategyPeserta dapat menemukan keunikan dari bisnisnya kemudian tergerak untuk melakukan inovasi untuk menambahkan added value dan tidak terperangkap di areal red ocean market.Terdapat peningkatan penjualan dan produk yang dimiliki dapat masuk ke target pasar yang lebih spesifik.PLUS
Branding Produkmitra memiliki keterampilan dalam membangun branding produk merekaDapat meningkatkan skill mitra dalam membranding produkMRUF
Teknik Foto ProdukMitra memiliki keterampilan dalam mengambil gambar produk mereka untuk dipasarkan secara onlineMitra memiliki pengalaman dan memiliki tolak ukur terkait teknik foto produkPLUS
Digital MarketingMitra diharapkan dapat lebih adaptif dalam memasarkan produk mereka secara onlineMitra memiliki kemampuan adaptif dalam mengembangkan produknya lewat digital marketingNanas
Digital MarketingMitra diharapkan dapat lebih adaptif dalam memasarkan produk mereka secara onlineMitra memiliki kemampuan adaptif dalam mengembangkan produknya lewat digital marketingNanas
Teknik PitchingPeserta memiliki kepercayaan diri untuk mempromosikan bisnisnya secara efektif baik untuk targeted customer maupun calon investor.Terdapat peningkatan customer, revenue dan peserta memiliki link lebih banyak untuk memasarkan bisnisnya.MRUF

 

Peserta
Peserta pelatihan dihadiri sebanyak 14 orang, 4 orang dari mitra yang bergabung di waroeng33 dan 10 orang lagi terbuka untuk umum. Persyaratan peserta umum yaitu minimal 3 bulan lama usaha yang sudah dijalani. 4 mitra yang sudah bergabung diwaroeng33 yaitu terdiri dari komunitas masyarakat adat Enrekang, komunitas masyarakat yang tinggal disekitar hutan Bantaeng, kelompok difabel Garut dan pelaku UMKM.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari secara online
Hari/Tanggal : 28, 30 dan 31 Maret 2022
Waktu : 10.00-15.30 WIB
Tempat : Platform Zoom

Jadwal Kegiatan

PertemuanWaktuMateriKeterangan
Hari pertama
Tujuan:  Peserta dapat menemukan keunikan dari bisnisnya kemudian tergerak untuk melakukan inovasi untuk menambahkan added value
Hari 1
28 Maret 2022
10.00 – 10.10PembukaanDirektur A33
Hari 110.00Penyampaian Materi BlueNoveri Maulana
28 Maret 202211.30Ocean strategy(PLUS)
Hari 1 28 Maret 202211.30 – 12.00Pengendapan dan Tanya jawabModerator waroeng33
Hari 1 28 Maret 202212.00 – 13.00IstirahatModerator A33
Hari 1 28 Maret 202213.00 – 13.15Ice BreakingTim Waroeng33 A33
Hari 1 28 Maret 202213.15 – 15.15Penyampaian Materi Branding produkMRUF
Hari 1 28 Maret 202215.15 – 15.30Tanya jawab dan closingModerator waroeng33
Hari ke dua
Tujuan Mitra memiliki keterampilan dalam mengambil gambar produk mereka untuk dipasarkan secara online dan Mitra diharapkan dapat lebih adaptif dalam memasarkan produk mereka secara online
Hari 2 30 Maret 202210.00 – 10.10Ice BreakingTim waroeng33
Hari 2 30 Maret 202210.10 – 11.30Penyampaian Materi Teknik foto produkSitin (PLUS)
Hari 2 30 Maret 202211.30 – 12.00Pengendapan dan Tanya jawabModerator waroeng33
Hari 2 30 Maret 202212.00 – 13.00IstirahatModerator A33
Hari 2 30 Maret 202213.00 – 13.15Ice BreakingtTim Waroeng33
Hari 2 30 Maret 202213.15 – 15.15Penyampaian Materi digital marketingCeye (Nanas Media)
Hari 2 30 Maret 202215.15 – 15.30Tanya jawab dan closingModerator waroeng33
Hari ke tiga
Tujuan Peserta memiliki kepercayaan diri untuk mempromosikan bisnisnya secara efektif baik untuk targeted customer maupun calon investor.
Hari 3 31 Maret 202210.00 – 10.10Pembukaan dan ice breakingModerator waroeng33
Hari 3 31 Maret 202210.10 – 30.10Penyampaian Materi Teknik PitchingMRUF
Hari 3 31 Maret 202211.30 – 12.00Tanya jawab dan penutupModerator waroeng33

Hasil Capaian Kegiatan :

  1. Sebanyak 14 mitra memiliki pengetahuan tentang menjalankan dan mengembangkan usaha
  2. Saling terhubung antar pelaku usaha dan mereka bisa saling belajar dengan sama lain
  3. Pelaku usaha memiliki alternatif lain dalam memasarkan produk mereka secara online yaitu lewat waroeng33

Foto Kegiatan :
c A1
c A2
c A3
c A4